RajaKomen

Kisah Inspiratif Islami – Kakek Baik Hati & Pencuri Pepaya

3 Jan 2022  |  469x | Ditulis oleh : Admin
Raja TV

Jika salah satu hobi kamu adalah membaca atau sering nonton video di youtube, sebaiknya sesekali cobalah membaca atau menonton video tentang kisah inspiratif yang bisa memotivasi kamu menjadi orang yang lebih baik lagi. Apalagi jika kamu adalah seorang yang beragama islam, tentunya kisah-kisah inspiratif islami sangat baik untuk menjadikan pribadi seorang muslim yang lebih baik lagi. Seperti salah satu kisah berikut ini, yang menceritakan seorang kakek yang tidak pernah berburuk sangka kepada orang lain walaupun orang tersebut adalah seorang pencuri.

Diceritakan ada seorang kakek muslim yang mempunyai pohon pepaya di halaman rumah nya, pada suatu hari si kakek tersebut melihat pepayanya sudah matang dan berniat memetik pepaya miliknya tersebut keesokan harinya. Tentu saja si kakek sudah tidak sabar untuk memetik dan akan memakan pepaya segar miliknya tersebut. Namun keesokan harinya si kakek terkejut melihat papaya miliknya sudah berkurang, si kakek pun yakin bahwa ada yang mencuri papaya nya tersebut .

Saat itu juga si kakek terlihat sedih karena sudah ada yang mencuri papaya nya, namun ketika istrinya bertanya kenapa dia bersedih, ternyata bukan karena kehilangan papaya miliknya. Namun si kakek justru bersedih karena memikirkan si pencuri pepaya, karena menurutnya pencuri tersebut sepertinya sedang kelaparan sampai harus mencuri pepaya di malam hari. Apalagi dia (pencuri) harus memanjat pohon pepaya yang tinggi secara sembunyi-sembunyi di malam hari.

Kebaikan si kakek tidak hanya sampai disitu saja, saat pepaya nya masih ada si kakek malah menyediakan sebuah tangga agar si pencuri tersebut bisa mengambil pepaya dengan mudah. Namun pada keesokan harinya pepaya nya masih utuh, dan begitupun dengan hari-hari berikutnya. Setelah kejadian itu, tiba-tiba saja ada seorang laki-laki yang sama sekali tidak dikenal oleh si kakek yang membawakan nya pepaya yang besar-besar. Dan laki-laki tersebut pun mengaku sebagai si pencuri pepaya dan menyesali perbuatannya tersebut dengan mengganti pepaya yang dia curi.

Ternyata dengan si kakek menyediakan tangga untuk si pencuri sudah membukakan pintu hati si pencuri dan tidak jadi untuk mengambil sisa pepaya milik si kakek tersebut. Karena si kakek yang baik hati, sabar dan selalu berbaik sangka kepada orang lain, maka si pencuri pun bisa sadar bahwa perbuatannya itu memang salah.

Hikmah dari kisah inspiratif tersebut adalah; berbaik sangkalah dalam keadaan sesulit apapun, karena di setiap musibah yang berat sekali pun pasti akan ada hikmah yang dapat kita petik.

Jika kamu sering menonton video di youtube, petikan kisah ini juga bisa kamu nikmati di https://www.youtube.com/watch?v=WMCwsB4ElAE&list=PLkMWoInDhTFMKNK_FDnTKFaue3Jnt1tHR

Semoga kisahnya bisa menginspirasi dan menjadikan yang membaca dan menonton nya menjadi muslim yang lebih baik lagi. Aamiin. 

Baca Juga: