Tryout.id

Mengenali Lebih Dekat Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara

29 Mar 2023  |  472x | Ditulis oleh : Admin
Mengenali Lebih Dekat Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara

Ramadan adalah bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Setiap tahun, umat Muslim memperingati bulan ini dengan melakukan puasa selama satu bulan penuh dari fajar hingga matahari terbenam. Selain puasa, Ramadan juga diisi dengan banyak tradisi dan kebiasaan yang berbeda di setiap negara yang memiliki populasi Muslim yang besar. Dalam artikel ini, kita akan melihat lebih dekat tradisi Ramadan di beberapa negara di seluruh dunia.

Mesir

Di Mesir, tradisi Ramadan diwarnai dengan berbagai hidangan khas seperti koshari, ful medames, dan mesir wat. Selain itu, di Mesir juga terdapat tradisi unik seperti bermain lampu Ramadan, yaitu menghias rumah dengan lampu-lampu yang berwarna-warni untuk merayakan bulan suci ini.

Arab Saudi

Di Arab Saudi, Ramadan diawali dengan menembakkan meriam pada malam pertama bulan suci. Selain itu, terdapat tradisi berbuka puasa dengan menikmati kurma segar dan air zam-zam, yang diyakini memiliki khasiat kesehatan.

Indonesia

Di Indonesia, Ramadan juga diisi dengan tradisi yang khas. Misalnya, di beberapa daerah di Indonesia, ada tradisi salat tarawih di masjid dengan membaca Al-Quran secara berjamaah. Selain itu, makanan khas seperti kolak, ketupat, dan opor ayam juga menjadi hidangan wajib saat berbuka puasa.

India

Di India, terdapat tradisi mengadakan pasar malam Ramadan, yang menjual berbagai makanan dan minuman khas Ramadan. Selain itu, terdapat pula tradisi iftar, yang biasanya diadakan di masjid-masjid besar dengan menyediakan hidangan lezat bagi orang-orang yang sedang berpuasa.

Maroko

Di Maroko, tradisi Ramadan diwarnai dengan berbagai hidangan seperti tajine, harira, dan pastilla. Selain itu, terdapat pula tradisi menyalakan lilin dan menyalakan kembang api untuk merayakan malam Lailatul Qadr.

Turki

Di Turki, terdapat tradisi sahur, yaitu makan sahur sebelum fajar. Selain itu, makanan khas seperti baklava dan turkish delight juga menjadi hidangan wajib saat berbuka puasa. Terdapat pula tradisi merayakan malam Lailatul Qadr dengan memperbanyak ibadah dan zikir.

Malaysia

Di Malaysia, terdapat tradisi menabur bunga sempena menyambut datangnya bulan Ramadan. Selain itu, terdapat juga tradisi berbuka puasa bersama di warung-warung makanan khas Ramadan.

Itulah beberapa tradisi Ramadan di beberapa negara di seluruh dunia. Walaupun setiap negara memiliki kebiasaan dan tradisi yang berbeda, semuanya memiliki makna yang sama yaitu untuk mempererat hubungan dengan Tuhan dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada-Nya. Semoga kita dapat merayakan Ramadan dengan baik dan benar, serta memperoleh berkah dan ridha-Nya.

Baca Juga: