Hijab.id

Dikabarkan Meluncur 5 Oktober 2021, Apa Saja Kelebihan dari Windows 11 ?

4 Okt 2021  |  61x | Ditulis oleh : Admin
Dikabarkan Meluncur 5 Oktober 2021, Apa Saja Kelebihan dari Windows 11 ?

Baru-baru ini perusahaan Microsoft mengonfirmasi sistem operasi terbaru mereka yaitu Windows 11 yang akan dirilis di Indonesia pada 5 Oktober, serupa dengan jadwal perilisan global.

"Iya betul, di tanggal 5 Oktober," ucap Perwakilan Microsoft Indonesia tentang perilisan Windows 11 di Indonesia, Senin (4/10).

Sebelumnya Microsoft mengumumkan mengenai ketersediaan Windows 11 untuk pengguna mulai 5 Oktober secara global.

"Windows 11 akan mulai tersedia pada 5 Oktober 2021. Pada hari itu, upgrade gratis ke Windows 11 akan dimulai untuk perangkat-perangkat Windows 10 yang memenuhi syarat dan perangkat yang sudah dilengkapi dengan Windows 11 secara bawaan," tulis Microsoft lewat laman resmi.

Windows 11 hadir dengan sejumlah pembaruan untuk memberi pengalaman pengguna yang lebih baik dalam sistem operasi anyar tersebut.

Cara download gratis Windows 11

Microsoft menyediakan pembaruan ke Windows 11 secara gratis mulai 5 Oktober. Pembaruan akan dilakukan secara bertahap kepada pengguna.

Sehingga, tak semua perangkat yang sudah menggunakan Windows 10 akan serta-merta mendapat pembaruan Windows 11 besok.

"Berdasarkan pengalaman Windows 10, kami ingin memastikan bahwa kami memberi Anda pengalaman terbaik. Itu berarti perangkat yang lebih baru dan memenuhi syarat akan ditawarkan peningkatan terlebih dahulu," jelas Microsoft.

Selanjutnya, perangkat-perangkat yang lebih lawas akan mendapat pembaruan bertahap. Pembaruan terhadap perangkat yang lebih berumur akan dilakukan berdasarkan spesifikasi perangkat keras, metrik keandalan, usia perangkat, dan faktor lain yang bisa memengaruhi kinerja Windows 11.

Selain itu, Uutuk mendapatkan upgrade ke Windows 11, pengguna perlu memenuhi sejumlah syarat pada perangkat komputernya, yang di antaranya minimal Prosesor yang digunakan berkecepatan 1 GHz dengan 2 core atau lebih, minimal RAM 4GB, dan Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0.

"Kami berharap semua perangkat yang memenuhi syarat akan ditawarkan upgrade gratis ke Windows 11 pada pertengahan 2022."

Sehingga, pengguna Windows 10 diharapkan melakukan pengecekan berkala apakah mereka sudah bisa mendapat pembaruan Windows 11 atau belum dengan cara berikut:

1. Masuk ke Pengaturan,

2. Buka pembaruan Windows,

3. Pilih Periksa pembaruan.

Kemudian Microsoft pun mengumumkan sejumlah fitur yang akan mereka hadirkan pada Windows 11.

Berikut fitur yang akan dihadirkan pada Windows 11:

1. Desain baru dan suara yang modern serta lebih jernih dari sebelumnya. Memberikan pengalaman yang lebih tenang.

2. Pembaruan pada posisi dock Start menjadi ditengah ala Mac. Dengan cloud dan Microsoft 365, dock Start kini bisa menampilkan berbagai file terbaru pengguna meski pengguna mengaksesnya dari perangkat berbeda.

3. Terdapat fitur Snap Layouts, Snap Groups, dan Desktops. Fitur ini memberikan cara cepat agar pengguna bisa menempatkan Windows yang aktif dengan mudah ketika harus melihat berbagai Windows aktif sekaligus.

4. Obrolan (chat) yang ada di Microsoft Teams kini diintegrasikan ke dalam bilah tugas untuk menyediakan cara yang lebih cepat untuk terhubung dengan orang lain.

5. Windows 11 menyediakan Widget agar pengguna bisa mendapat informasi yang mereka butuhkan dengan segera dan dengan fitur kinerja, kecepatan, dan produktivitas dari Microsoft Edge.

6. Microsoft juga memberikan dukungan untuk gaming lewat dukungan perangkat keras seperti DirectX12 Ultimate, DirectStorage, dan Auto HDR.

Windows 11 juga akan mengadopsi fitur Auto HRD untuk para penikmat gim. Gambar akan lebih tajam dan detail jika gim sedang dimainkan. Fitur lain yakni Direct Storage untuk memudahkan pemuatan (load) game.

"Dengan Xbox Game Pass untuk PC atau Ultimate, pengguna mendapatkan akses ke lebih dari 100 game PC untuk dimainkan di Windows 11," jelas Microsoft.

7. Microsoft juga mengubah tampilan Micorosft Store di Windows 11 agar memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian dan penemuan aplikasi, game, acara, dan film.

8. Microsoft juga membuat Windows 11 agar lebih ramah ketika digunakan oleh penyandang disabilitas.

9. Windows 11 juga disebut membuka toko aplikasi mereka (Microsoft Store) bagi lebih banyak pengembang dan vendor independen (ISV) lebih leluasa menaruh aplikasi mereka di Store.

10. Windows 11 meningkatkan dukungan dan kecepatan pada fitur layar sentuh, pena digital, dan input suara.

11. Lewat Windows 11, pengguna juga disebut bisa langsung mengakses aplikasi Android.

Banyak fitur baru yang bisa kita gunakan di windows 11 ini, yang tentu saja berguna bagi para pengguna windows di perangkat PC, laptop maupun Android yang membuatnya lebih praktis.

Baca Juga: