Tryout.id

Cara Paling Ampuh Mengatasi Ruam Popok Agar Tahap Perkembangan Bayi Tidak Terganggu

25 Apr 2022  |  222x | Ditulis oleh : Admin
Merries

Seperti yang kita tahu bahwa kulit bayi memang sangat sensitif dan rentan sekali terkena ruam kulit. Untuk itu Moms harus lebih memperhatikan kesehatan kulit bayinya, karena jika sampai terkena ruam bayi akan rewel di malam hari. Ruam memang akan terasa gatal dan jika tidak segera ditangani biasanya akan menyebar di bagian kulit. Ruam kulit adalah perubahan tidak normal pada warna atau tekstur kulit. Ruam ini tampak sebagai area bengkak atau teriritasi pada kulit.

Kebanyakan ruam kulit memang terasa gatal, kemerahan, dan nyeri. Beberapa jenis ruam kulit juga dapat memicu terjadinya kulit melepuh dan mengelupas. Ruam biasanya disebabkan oleh peradangan kulit yang bisa ditemukan pada berbagai penyakit kulit. Penyebab lainnya adalah alergi dan iritasi yang disebabkan oleh zat tertentu. Faktor genetik juga dapat membuat seseorang lebih rentan mengalami ruam kulit.

Nah! Ruam pada kulit bayi juga bisa disebabkan oleh pemilihan atau pemakaian popok yang salah, ruam popok ini lah yang perlu perhatian khusus dan harus segera ditangani. Lalu bagaimana Cara Mengatasi Ruam Popok pada kulit bayi?

Ruam popok merupakan suatu keadaan iritasi pada kulit yang tertutup popok. Faktor penyebabnya sangat beragam, mulai dari faktor mekanik, bahan kimia pada popok yang bisa mengiritasi kulit sensitif bayi seperti klor dioksida, natrium poliakrilat, tributyltin, toluena,  etilbenzena, dan xylene serta infeksi jamur. Pemakaian popok yang ketat dan bahan yang tidak tepat dapat meningkatkan gesekan terhadap kulit dan mencetuskan ruam.

Selain itu, paparan pipis dan kotoran Si Kecil dapat menyebabkan kulit basah dan mempermudah masuknya bahan iritan yang terkandung di dalamnya. PH pipis yang bersifat basa turut memperburuk iritasi yang timbul. Hal ini juga mempermudah infeksi jamur Candida albicans berkembang dan menimbulkan ruam yang lebih berat.

Bagaimana anjuran mengenai pencegahan dan obat ruam popok pada bayi? Menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia, cara untuk menghindari kondisi ini sebenarnya cukup mudah. Selain memperhatikan pemilihan dan pemakaian popok, Moms juga perlu menjaga agar kulit daerah popok selalu bersih dan kering. Bersihkan juga daerah kelamin dengan air hangat.

Bila Moms sudah mengikut panduan di atas namun si kecil tetap mengalami ruam popok, Moms bisa mengatasinya dengan cara paling ampuh berikut ini:

  • Mengganti popok menjadi lebih sering. Lalu, ganti dengan popok yang memiliki ukuran sedikit lebih besar.
  • Setiap mengganti popok pastikan kulit bayi betul-betul kering. Setelah itu, baru pakaikan popok Si Kecil.
  • Hindari menggosok kulit bayi yang sedang terkena ruam agar tidak tambah lecet.
  • Bila ruam popok si kecil tak kunjung sembuh Moms bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit anak.

Moms penting untuk memperhatikan ukuran popok yang digunakan oleh Si Kecil agar terhindar dari ruam popok. Lalu, kapan perlu ganti popok yang lebih besar? Nah! bila hal-hal ini terjadi, gantilah ke ukuran popok lebih besar:

  • Popok tampak ketat di sekitar kaki dan perut bayi atau meninggalkan bekas pada kulit bayi.
  • Perekat popok telah sampai di bagian paling ujung popok.
  • Popok terlalu pendek, dan bagian pinggang terletak di bawah pusar bayi.
  • Bayi lebih sering pipis dan pup, sehingga popok lebih sering bocor
  • Berat bayi melebihi anjuran berat pada ukuran popok tersebut

Itulah beberapa cara mengatasi ruam popok pada bayi, semua harus diperhatikan terutama pemilihan popok bayi yang harus berkualitas. Karena jika dibiarkan tentu saja akan berpengaruh terhadap Tahap Perkembangan Bayi. Selain memperhatikan penggunaan popok terbaik , untuk memksimalkan tumbuh kemabangnya Moms juga wajib melakukan imunisasi secara lengkap. Walaupun masih dalam kondisi pandemi, bayi harus tetap di imunisasi secara lengkap.

Usai imunisasi, pastikan Si Kecil diberi makanan bernutrisi baik, serta istirahat yang cukup. Saat istirahat, sebisa mungkin Moms memakaikan Si Kecil pakaian yang nyaman, terutama pada popoknya.

Popok yang nyaman dapat membuat Si Kecil tenang saat beraktivitas atau kegiatan diluar selepas imunisasi. Salah satu contoh popok yang bisa dikenakan adalah Merries Skin Protection. Produk popok ini punya permukaan lembut, serta mampu mengunci pipis dan menyerap cairan secara cepat dan banyak.

Popok ini pun juga dilengkapi lapisan antibakteri dengan kandungan ekstrak natural daun teh yang membuat kulit bayi lebih sehat dan higienis. Ukuran popoknya sendiri pas dan punya desain menarik, sehingga Si Kecil pun bisa memakainya dengan nyaman.

Baca Juga: