rajabacklink

Begini Kondisi Pendidikan di Indonesia & Wisata Budaya Indonesia Selama Pandemi

27 Des 2021  |  440x | Ditulis oleh : Admin
Pendidikan & Wisata Budaya Indonesia

Dunia Pendidikan di Indonesia memang sempat terganggu dengan adanya pandemi covid-19, karena pada saat kasus penyebaran covid-19 melonjak belajar tatap muka disekolah langsung ditiadakan. Tapi semuanya bisa diatasi dengan cara pembelajaran baru yaitu dengan belajar online, jadi para pelajar masih bisa mendapatkan pelajaran dari guru masing-masing melalui video.

Pendidikan memang sudah seharusnya untuk tetap berjalan, dan pandemi tidak boleh jadi alasan berhenti untuk belajar. Karena pendidikan akan sangat berguna untuk mencari pekerjaan dan menjalani kehidupan bermasyarakat. Pendidikan juga sangat penting bagi anak-anak, karena mereka semua adalah para calon penerus bangsa. Tentunya kita tidak ingin jika mereka para penerus bangsa menjadi bodoh dan jauh tertinggal dari negara lain karena tidak mendapatkan pendidikan yang baik.

Kabar baiknya saat ini kasus penyebaran akibat covid-19 sudah menurun, dan pendidikan dengan tatap muka kembali diberlakukan. Dengan belajar tatap muka dunia pendidikan sudah kembali pada jalur yang seharusnya walaupun harus tetap menjalankan prokes di sekolah masing-masing. Walaupun begitu dengan belajar tatap muka setidaknya para murid di sekolah kembali bersemangat untuk belajar dan mengejar cita-cita mereka kembali.

Menurun nya kasus covid-19 di indonesia juga tentunya akan membuka kembali agenda Wisata Budaya Indonesia yang sering diadakan oleh pihak sekolah. Wisata budaya yang diadakan pihak sekolah sangat berguna untuk mengenalkan wisata dan budaya yang ada di indonesia. Selain itu, wisata juga bisa membuat para siswa sekolah terhibur dan bisa membuat mereka kembali bersemangat untuk bersekolah.

Wisata budaya adalah jenis wisata yang memanfaatkan kebudayaan sebagai objek wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Di destinasi wisata tersebut, wisatawan akan merasakan dan mempelajari berbagai kebudayaan tertentu. Adanya wisata budaya di indoneaia tentu saja bisa dimanfaatkan sebagai objek daya tarik wisatawan yang dapat melestarikan warisan budaya.

Pariwisata budaya ibarat pisau bermata dua dalam pemanfaatan warisan budaya sebagai objek daya tarik wisata. Di satu sisi pariwisata dapat melestarikan warisan budaya tersebut, sedangkan di sisi lain kegiatan pariwisata akan merusak atau berdampak negatif terhadap warisan budaya itu karena objek tersebut akan dikonsumsi oleh wisatawan lokal maupun asing.

Untuk menghindari dampak negatif dari pariwisata tersebut diperlukan pengelolaan yang baik terhadap pariwisata, khususnya dalam hal ini adalah kebudayaan yang harus terjaga keberadaannya. Apabila industri pariwisata dapat dikelola dengan baik, maka pariwisata dapat menjamin kelestarian alam dan budaya. Selain itu pariwisata juga dapat menjadi wadah untuk lapangan kerja bagi masyarakat lokal yang berada di sekitar kawasan wisata tersebut.

Wisata budaya yang ada di indonesia memang sangat banyak, bahkan hampir di semua wilayah ada wisata yang berbasis budaya. Sudah sewajarnya kita menjaga wisata budaya tersebut agar tetap bisa lestari dan menjaga warisan budaya yang ada di indonesia saat ini. Dan semoga saja pandemi ini memang benar-benar berakhir agar pendidikan dan wisata budaya di indonesia kembali normal seperti sebelum adanya pandemi.

Baca Juga: